Satire dari Juvenalis

Masih ingatkah tentang sebuah mahakarya sastra dari seorang pujangga Romawi, Decimus Iunius Juvenalis, dalam Satire X, dan menjadi jargon guru olahraga kita doeloe?

Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Doeloe, saya masih memaknainya sangat sederhana, bahwa jika kita berolahraga maka tubuh kita sehat, sirkulasi darah lancar, pikiran jernih, fresh. Hanya itu.

Tapi ketika saya rutin berolahraga saya menemukan sesuatu yang baru dari jorgan tersebut.

Saya ingin berbagi rasa yang kutemukan dalam olahraga dengan peribaratan yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Jogging.

Ketika kita ingin memulainya, bersegeralah melakukannya. Tahukah engkau sobat, rasa yang muncul di awal adalah serangan dari rasa malas, rasa capek, rasa jenuh membayangkan track yang akan engkau lalui. Saat itu, paksalah dirimu untuk bangkit dan memulai larimu.

Saat itu, Kita sudah menang atas rasa malas yang mendera. Kita berhasil mengalahkannya, dan membiarkan kemalasan itu terkapar sendiri di tempatnya.

Saat memulainya, kita sudah punya target jarak atau target putaran. Peganglah kuat-kuat target itu hingga tuntas kau penuhi.

Dalam track jogging kita, separuh dari target telah tunai, dan kita akan diserang jenuh karena target terbayang masih jauh, masih butuh tenaga ekstra, masih butuh banyak nafas untuk menyelesaikan target.
Saat kita mengumpulkan energi dan bertekad bulat sampai pada target dan kita berhasil melakukannya, saat itu berarti kita kembali menang. Menang mengalahkan lelah, menang menundukkan jenuh.

Dalam suasana seperti itu, kita melatih jiwa untuk lebih tangguh, mengasah mental untuk lebih kuat,
Jika kita rutin melakukannya, maka jiwa akan terlatih dengan ketangguhannya, mental terlatih dengan kekuatannya.
Maka kita akan lebih tangguh menghadapi dinamika dunia ini.

Benarlah satire dari Juvenalis :
Mens Sana Incopore Sano

#selamatpagiIndonesia

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google-site-verification: googlee1504fd57faec694.html

Design by pakmustain.info