Pengurangan Kuota Haji, Ini Solusi Legislator PKS

Makassar, AMANAH-Sampai saat ini Kementrian Agama (Kemenag) masih menggunakan cara manual untuk mendeteksi Calon Jamaah Haji (CJH) yang telah melakukan ibadah haji. Hal itu diungkapkan oleh Kasi Pendaftaran & Dokumen Haji, Solihin pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi E. Kamis, (18/2).

Rapat dihadiri oleh kepala UPT Pusat Asrama Haji Sudiang H. M. Nasir dan Kasi Pendaftaran & Dokumen Haji – Solihin. Rapat dipimpin oleh ketua komisi E, Marzuki Wadeng, yang dihadiri oleh anggota komisi E.
Kemenag Sulsel, Solihin mengatakan bahwa selama ini mereka melakukan seleksi terhadap calon yang sudah haji dengan cara manual. “Semua daftar calon haji dikembalikan ke daerah untuk diverifikasi kembali, mendeteksi siapa yang sudah haji siapa yang belum pernah haji,” kata Solihin.

Untuk mengatasi hal tersebut Anggota Komisi E, Sri Rahmi menyarankan kepada pihak Kemenag untuk melakukan kerjasama dengan pihak imigrasi untuk melakukan deteksi paspor melalui sistem. “Dengan sistem ini, akan memudahkan & mempercepat proses verifikasi data untuk mengeliminasi calon jamaah yang sudah haji dalam daftar kuota tersebut,” saran Sri Rahmi.

Menurut Solihin, usulan tersebut sangat bagus dan akan ditindaklanjuti pada tahun selanjutnya. “Untuk periode ini sepertinya belum bisa, tapi periode selanjutnya kita akan pertimbangkan,” kata Solihin.
Dalam rapat tersebut terungkap, bahwa pendaftar untuk tahun 2016 tercatat sebanyak 166.603 pendaftar, dengan begitu waiting list calon jamaah haji Sulsel selama 29 tahun. “Setiap tahunnya Sulsel hanya mendapat kuota 5777 jamaah,” ungkap Solihin.
Adanya pengurangan kuota 20% dari Arab Saudi menjadikan waktu penantian calon jamaah haji kita semakin panjang. Ini dampak dari renovasi Masjidil Haram. Ini akan berlangsung sampai 2017.
Editor: Indrawati
sumber : http://amanah.alharamnews.com/post/2015/pengurangan-kuota-haji-ini-solusi-legislator-pks
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google-site-verification: googlee1504fd57faec694.html

Design by pakmustain.info